20 Mei 2013

PEDOMAN PENGGUNAAN SENAPAN ANGIN



  • Selalu menjaga ujung laras ke arah yang aman. Ada beberapa cara aman untuk “membawa” Senapan angin anda tergantung pada situasi. JANGAN SAMPAI LARAS MENGARAH KEPADA SESEORANG.
  • Perlakukan senapan seolah-olah itu selalu dalam keadaan terisi. Anda tidak pernah bisa yakin bahwa Anda adalah orang terakhir yang menggunakan Senapan angin anda tersebut. Selalu memeriksa Senapan angin anda untuk melihat apakah Senapan angin anda tersebut dalam keadaan tidak terisi ketika diambil dari tempat penyimpanan atau diterima dari orang lain. SELALU PERLAKUKAN SENAPAN ANGIN ANDA DALAM KEADAAN TERISI MESKIPUN ANDA TAHU BAHWA SENAPAN ANGIN ANDA TERSEBUT KOSONG.
  • Hanya isi atau kokang Senapan angin anda ketika Anda ingin menembak.
  • Periksa target dan antara target Anda. Pastikan semua orang yang cukup jelas dari area target sebelum menembak. Periksa belakang dan antara target Anda untuk memastikan Anda memiliki penahan yang aman dan bahwa tidak ada orang atau harta bisa terancam.
  • Siapa pun menembak atau dekat penembak .Harus turut berhati-hati. Juga, semua orang lainnya harus tetap di belakang penembak.
  • Pernah memanjat atau melompat dengan Senapan angin anda?. Anda tidak dapat mengendalikan arah moncong jika Anda tersandung atau jatuh. Anda harus aman meletakkan Senapan angin anda kepada seorang teman sementara Anda naik atau melompat.
  • Hindari memantul. Pernah menembak datar permukaan yang keras atau pada permukaan air ? Mimis dapat memantul..! istilahnya Ricochet.
  • Senapan angin anda bila tidak digunakan harus selalu diturunkan. Menjaga senjata diturunkan bila tidak digunakan sangat penting untuk keselamatan Anda dan orang lain. Taruh Senapan angin anda sehingga mereka tidak bisa diakses oleh orang lain dan simpan mimis terpisah dari Senapan angin anda. JANGAN BIARKAN SENAPAN TERISI.. segera buang peluru jika ingin menyimpan/meletakkan senapan!!!
  • Menghormati hak milik orang lain. Apakah anda berlatih menembak atau berburu, Jika Anda seorang tamu pada lingkungan orang lain, anda harus menjaga dan meninggalkan tempat tersebut persis seperti yang Anda mendatanginya. JANGAN SOMBONG SOK JAGOAN!!!

Kecepatan dan stabilitas Pellet (Peluru) Senapan Angin
Sangat luar biasa, jika pellet senapan angin dapat dilontarkan sampai 1200 fps/365 mps, apakah ini mungkin? beberapa senapan angin dengan tenaga yang besar mampu melakukannya. Untuk dapat memahaminya kita harus tahu bagai mana pellet dibuat dan pengaruhnya.

Pellet yang dibuat saat ini dibuat umumnya memiliki bentuk dengan bagian tengah atau pinggang yang mengecil dan membesar lagi pada bagian belakang atau disebut wasp waist, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kestabilan (mencegah pellet meluncur terbalik atau tumbling) dengan memberikan hambatan angin yang lebih besar pada bagian belakang ditambah lagi dengan lubang dibagian belakang akan semakin menambah hambatan yang timbul, disertai dengan berat pellet dibagian depan akan menjaga pellet pada arah yang tepat. Pada senapan biasa (api) stabilitas peluru dijaga dengan putaran (spinning) yang cepat ini yang membedakan dengan pellet senapan angin, bahkan pellet senapan angin tetap dapat stabil  meskipun mengunakan lubang laras yang halus (smoothbore), hal ini dapat dicapai dengan bentuk seperti shutlecock pada olah raga bulu tangkis yang memiliki hambatan yang tinggi pada bagian belakang. Pada senapan angin  juga ada alur galangan yang menyebabkan pellet berputar saat keluar dari lubang laras, tetapi hal tersebut kurang mencukupi untuk menjaga kestabilan pellet.

Begitu pellet keluar dari laras kecepatannya segera berkurang separuhnya pada 100 m pertama, karena bentuk wasp waistnya (perhatikan pemain bulu tangkis saat melakukan smas, kecepatan shutlecock berkurang secara drastis jika dibandingkan dengan smas yang dilakukan pemain tenis), pada saat pellet dilontarkan melebihi kecepatan suara (1.100 fps/335 mps diatas permukaan laut) maka pellet akan mendapatkan hambatan lagi yang jauh lebih besar, bahkan akan timbul sedikit goncangan akibat turbulansi yang besar pada saat menembus kecepatan suara, hal ini malah mengurangi akurasinya, hal inilah yang menjadi alasan mengapa para petembak jarang membuat senapan angin mereka melebihi kecepatan 900 fps/274 mps bahkan para petembak Olimpiade membuat kecepatan senapan angin mereka hanya 600 fps/183 mps

Hal yang paling umum dilakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan dari kecepatan pellet yang tinggi (diatas 1200 fps/365mps) adalah dengan cara menggunakan pellet yang lebih berat , hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kestabilan pellet saat mengalami turbulensi dengan memanfaatkan efek kelembaman dari massa/berat pellet, atau dapat juga mengunakan pellet dengan bentuk boattail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap Komentar yang baik dan sopan, tanpa ada unsur SARA, terimakasih.