22 Oktober 2009

DAYAH SIRAJUL HUDA

BIREUEN - Dayah Sirajul Huda Al'aziziyah, terletak di Desa Jangka Alue Bie, Kec. Jangka Kab. Bireuen. Dayah yang di bangun pada tahun 1998 tersebut, di pimpin oleh Tgk. Idris Daud. Komplek dayah tersebut berdiri di areal tanah seluas 200m persegi.

Adapun santrinya, berasal dari desa tersebut dan dari desa tetangga. Santri tersebut terdiri dari beberapa kelas. Pembagian kelas berdasarkan pendidikan/sekolah yang sedang di tempuh. Santri kelas 1 adalah anak-anak yang lagi bersekolah di SD. Santri Kelas 2 adalah siswa yang bersekolah di SMP. Sedangkan kelas 3, adalah santri yang bersekolah di tingkat SMA dan Perguruan Tinggi.

Selain 3 kelas tersebut, Dayah Sirajul Huda juga memiliki santri para Ibu-ibu rumah tangga. Juga santriwati yang berumur antara 15-25 tahun. Selain itu, terdapat juga kelas TPA, yang didominasi oleh anak-anak yang masih TK dan baru belajar al-Quran.

Selain proses mengaji, dayah ini juga aktif mengadakan peringatan hari besar Islam. Seperti Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, dan Dakwah Islamiah. Dayah ini juga memiliki kelompok Zikir, yang siap dipanggil oleh orang luar untuk berzikir.

Namun sayangnya, Dayah yang di bangun dengan swadaya masyarakat ini, masih minim fasilitas. Adapun fasilitas yang ada berupa 3 buah balai, 5 buah bilik penginapan bagi santri laki-laki, dan MCK yang masih seadanya. Panitia Pembangunan Dayah selalu berusaha untuk mendapatkan dana agar dapat melengkapi fasilitas Dayah. Panitia selalu menerima sedekah dari masyarakat yang mau menyumbang untuk Pembangunan dayah. Apalagi kalo yang nyumbang dari PEMDA, mungkin dayah ini akan sempurna. Tapi kapan, insya allah . . . . .
(by santri SIRAJUL HUDA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap Komentar yang baik dan sopan, tanpa ada unsur SARA, terimakasih.