13 September 2013

PEKAN KEBUDAYAAN ACEH (PKA) - 6 TAHUN 2013


Sejak dahulu Aceh telah memiliki keistimewaan dalam agama, pendidikan, adat istiadat serta peran ulama yang memperkokoh jati diri bangsa Indonesia. Kebudayaan ini tentunya sangat penting dalam membentuk kepribadian daerah dan juga memberikan corak kehidupan bermasyarakat dalam kesatuan sosial yang lebih besar.

Namun yang terjadi akhir-akhir ini masyarakat Aceh mulai melupakan adat dan budaya sehingga terjadinya degradasi pemahaman nilai budaya dan adat istiadat Aceh.

Adanya pengaruh budaya global ternyata juga berdampak negatif dan mempengaruhi terhadap pengembangan kebudayaan daerah dan bangsa. Untuk itu dengan keberadaan dan kelestarian budaya daerah menjadi sangat penting sebagai penyaring dalam menyerap kebudayaan asing.

Maka dari itu dengan hadirnya pekan kebudayaan Aceh ke-6 bertujuan untuk kembali membentuk kepribadian masyarakat yang lebih berbudaya dan juga untuk menumbuhkan pemahaman, pengamatan, dan pelestarian nilai budaya daerah yang lebih luhur dan beradab untuk mengangkat harkat dan martabat manusia yang dijiwai oleh nilai-nilai agama. Selain itu bermaksud agar meningkatnya peran serta apresiasi masyarakat dalam mengaktualisasi nilai-nilai budaya yang islami sehingga menumbuhkembangkan minat dan kreatifitas seniman dan budayawan Aceh untuk memperkokoh kedamaian abadi di Aceh. Dan juga yang tidak kalah penting yaitu PKA-6 sebagai ajang mempromosikan adat budaya, produk budaya serta pariwisata Aceh sehingga menjadi perekat keragaman budaya bagi masyarakat Aceh.

Sasaran yang ingin dituju pada PKA ke-6 yaitu adanya peningkatan peran serta masyarakat dalam menjaga, mengembangkan dan melestarikan budaya daerah sehingga mantapnya budaya daerah sebagai saringan untuk budaya luar yang masuk ke Aceh yang tidak sesuai. Tidak hanya tumbuhnya motivasi sebagai daya cipta seniman/budayawan serta masyarakat namun juga menguatnya perhatian pemerintah dalam pengembangan kebudayaan Aceh sehingga meningkatnya arus kunjungan Wisatawan Nusantara dan Mancanegara dalam menyukseskan Visit Aceh 2013.

Target yang ingin dicapai semakin berkembangnya budaya Islam dan sejumlah karya budaya termasuk juga meningkatnys peran serta dan apresiasi masyarakat dalam melestarikan kebudayaan sehingga semakin berkembang aktifitas para budayawan, seniman, pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan sehingga semakin dirasakan bahwa budaya sebagai penyejuk dalam kehidupan.

Pekan Kebudayaan Aceh ke-6 akan dilaksanakan mulai 20-29 September 2013 dengan skala nasional dan internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah. PKA ke-6 tidak hanya diikuti oleh 23 Kabupaten/Kota di seluruh Aceh, namun juga beberapa provinsi di Indonesia dan juga Negara-negara sahabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap Komentar yang baik dan sopan, tanpa ada unsur SARA, terimakasih.