17 Juni 2012

KONEKSI JARINGAN WIFI WINDOW XP BERMASALAH



Anda mingkin kesal dengan perangkat Laptop anda yang tidak bisa mengoneksi Wireless. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang perangkat anda yang menggunakan Windows XP dan tidak bisa connect ke wireless. Masalah ini mungkin sama sekali tidak menyangkut dengan hardwarenya serta drivernya sudah benar. Namun, ketika mencoba mebuat koneksi ke jaringan wireless yang tersedia, yang muncul malah pesan error berikut:

“Windows is unable to connect to the selected network.  The network may no longer be in range. Please refresh the list of available networks and try to connect again.”


Pesan itu tetap muncul setiap kali anda mengklik tombol Connect, padahal sinyalnya lumayan banyak.
Penyebab
Masalah ini seringkali terjadi oleh tidak tersedianya feature security yang sesuai dengan ketentuan di Wireless Router. Windows XP, secara default hanya menyediakan dua jenis type security wireless, yaitu WPA dan WPA-PSK.
Sehingga, jika security yang anda tentukan di router adalah WPA2, maka tentu saja windows xp menganggap tidak menjangkau jaringan tersebut (walaupun sinyal terlihat full) atau bahasa windows biasanya mengatakan “may no longer be in range”.

Perlu anda ketahui bahwa WPA2 itu diciptakan setelah windows XP beredar. Jadi, sangat wajar jika Windows XP belum memasukkannya dalam feature wireless yang tersedia. Solusinya, anda harus mendownload file update dari situs resminya langsung. Untuk mempercepat pencarian, sebaiknya masuk ke google dan ketik “WPA2 update site:microsoft.com”. File yang harus anda download adalah KB893357.exe
Setelah itu, anda install file tadi dan restart computer. Kalau masih bermasalah silahkan bawa ke tukang service, hahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap Komentar yang baik dan sopan, tanpa ada unsur SARA, terimakasih.