29 Agustus 2011

TELESKOP AMATI BINTANG MELEDAK DEKAT BUMI


Sebuah supernova, Sabtu (27/8), terlihat berada dekat bumi. Jaraknya lebih dekat dari supernova lain. Para ahli astronomi mengatakan supernova itu baru saja meledak beberapa saat lalu.

Supernova adalah ledakan bintang-bintang yang menghasilkan radiasi yang kadang terpancar ke seluruh bagian galaksi selama beberapa minggu atau bulan.

Pada masa setelah ledakan itu, supernova menyebar banyak energi berupa pendaran sinar terang beserta material bintang lain dengan kecepatan 30.000 km/detik.

Diberitakan Geek, supernova itu ditemukan oleh ahli astronomi Lawrence Berkeley National Laboratory Universitas Berkeley.

Joshua Bloom, asisten profesor astronomi, mengatakan, supernova yang dinamakan PTF 11kly ini adalah temuan penting yang akan jadi bahan pengamatan signifikan untuk dipelajari.

Supernova ini termasuk Type Ia yang pernah juga ditemukan pada 1972, 1937, dan 1572.

Weidong Li, ilmuwan senior Berkeley mengatakan mereka masih belum mengetahui penyebab terjadinya supernova.

Tapi temuan ini akan membantu mereka mencari tau sebabnya dan apa dampaknya bagi bumi.Hasil temuan itu diperoleh dari survey PTF (Palomar Transient Factory), yang menggunakan teleskop robotik. Teleskop otomatis ini dipasang pada Teleskop Samuel Oschin 48 inci di Palomar Observatory di California selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap Komentar yang baik dan sopan, tanpa ada unsur SARA, terimakasih.