25 Juni 2011

TEMPAT WISATA BIREUEN

Tugu Batee Kureng


Tugu Bate Kureng adalah salah satu tugu yang terletak di jantung Ibukota Bireuen tepatnya di depan Meuligoe Bupati. Diatasnya terdapat batu besar dan telah menjadi lambang kehidupan bagi masyarakat Kabupaten Bireuen. Tugu ini terpancar sebuah ketegaran, ibarat kata “tak lekang di bakar panas, tak lapuk di guyur hujan”

Pantai Kuala Jangka


Pantai Kuala Jangka merupakan satu-satunya kuala yang sangat potensial bagi masyarakat nelayan di Kecamatan Jangka yang juga merupakam objek wisata bahari. Lautan yang membentang luas, panorama alam yang indah, ombak yang pecah menghantam bebatuan. Pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat memancing bagi masyarakat Bireuen sekitarnya. Objek wisata ini terletak disebelah timur kota Bireuen dengan jarak berkisar 16 km. Adapun letak persisnya sebelah utara Kota Matang Glumpang Dua dan berjarak lebih kurang 6 km.

Rumah Adat dan Makam Tgk Awe Geutah

Rumoh Tgk. Di Awe Geutah adalah peninggalan ulama kharismatik Tgk. Chik Abdurrahim di Gampong Awe Geutah Kecamatan Peusangan Siblah Krueng. Rumah ini diperkirakan telah dibangun 500 tahun yang silam. Dalam komplek Rumoh Tgk. Di Awe Geutah ini juga terdapat Mon Kaluet (Sumur Semedi) tempat para ulama dan para santri bersemedi. Tgk. Chik Awe Geutah merupakan ulama besar yang cukup berjasa dalam pengembangan ajaran islam dalam wilayah pase pada khususnya dan Aceh pada umumnya semasa kesultanan Iskandar Muda.

2 komentar:

  1. bekunjung ya sobat
    bisnis-alfian.blogspot.com
    aku anak bireuen juga

    BalasHapus

Harap Komentar yang baik dan sopan, tanpa ada unsur SARA, terimakasih.